Tips Mengamankan Website atau Blog dari Serangan Hacker


Tips Mengamankan Website atau Blog dari Serangan Hacker,- Sudah terlalu banyak kejadian dimana website dicuri atau diserang oleh hacker. Sebenarnya sebuah website yang dicuri atau down gara gara diserang hacker adalah kelalaian dari webmaster, tetapi ketika memang sudah benar benar diamankan dengan maksimal, berarti memang hackernya yang keterlaluan.

Ada banyak jenis CMS (Content Management System) yang bisa kamu pakai, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Tentu saja yang berbayar menawarkan fitur lebih banyak dan keamanan yang lebih baik.



Untuk CMS gratisan, seperti Wordpress dan Blogger, fitur keamanannya sebenarnya sudah cukup baik dan tidak mudah dibobol. Tapi, jika terjadi kelalaian dalam hal keamanan login, bisa saja hacker akan menyusup dan mengubah data data penting.

Untuk mengamankan website, entah itu dari wordpress, blogger, xampp dan lainnya, kamu bisa menggunakan tips berikut. Tipsnya sebenarnya hampir sama dengan artikel sebelumnya yakni tentang cara mengamankan wordpress, namun ada beberapa tips tambahan.

Amankan Website atau Blog dari Serangan Hacker


1. Backup data dan file secara berkala

Meski fitur keamanan sudah diaktifkan bukan tidak mungkin system dapat dijebol. Entah memang hackernya yang handal atau masih ada celah yang terbuka. Bahkan system keamanan tinggi perbankan masih bisa dijebol oleh orang yang benar benar ahli dalam keamanan system.

Oleh karena itu, membackup data dan file secara berkala ke komputer pribadi adalah solusinya. Jadi, ketika nanti hacker berhasil masuk dan menghapus data, kamu bisa mengembalikan data dan file yang penting dalam website.

2. Menggunakan SSL pada halaman admin

Halaman admin seperti wp-admin atau wp-login.php merupakan halaman yang sangat penting bagi sebuah website. Kenapa ? Karena administrator web untuk bisa masuk ke web dan mengotak atik website harus login terlebih dulu ke halaman admin.

Pada halaman admin ini gunakan SSL, karena apabila kamu sedang megisikan username dan password maka tidak bisa direkam oleh hacker. Kamu bisa menggukana enkripsi dari pihak ketiga pada setiap halaman admin dan sangat penting. Bisa digunakan Cloudflare Encrypt, Comodo dan LetsEncrypt.

3. Selalu menggunakan password yang kuat

Pada artikel sebelumnya, saya juga telah memberikan tips supaya membuat password dan username acak yang sulit diingat, tetapi tuliskan pada sebuah buku pribadi atau pada secarik kertas. Untuk password kamu bisa menggunakan kombinasi huruf kapital, kecil, angka atau karakter khusus seperti #, *, % dan lainnya.

4. Menggunakan koneksi jaringan yang aman dan terenkripsi

Ketika akan masuk ke halaman admin, sebaiknya jangan menggunakan jaringan umum seperti di cafe, restaurant, wifi umum dan sebagainya. Karena pada koneksi jaringan tersebut dapat mudah disusupi hacker masuk ke komputermu dan mengambil data data penting.

Jika memang kamu harus mengelola website melalui jaringan umum seperti itu, maka gunakan VPN supaya IP kamu acak dan tidak terlihat. Dengan begitu, hacker tidak akan mudah menemukan lokasi IP yang sedang terhubung.

5. Hindari penggunaan script bajakan

Serangan hacker bisa saja terjadi dari keteledoran seorang webmaster. Mereka bahkan tanpa melakukan apapun bisa mengambil data penting dari website kamu. Untuk itu jangan menggunakan script bajakan yang biasanya di share gratis.

Jika kamu menggunakan cms seperti wordpress, jangan menggunakan plugin dan theme bajakan yang biasanya dishare secara gratis. Kenapa ? Karena bisa saja sudah disisipi malware yang siap mencuri data website kamu.

0 Response to "Tips Mengamankan Website atau Blog dari Serangan Hacker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel