Trik Mudah Mengatasi HP Redmi yang Bootloop dengan Menggunakan MI Flash

Trik Mudah Mengatasi HP Redmi yang Bootloop dengan Menggunakan MI Flash,- Sebuah smartphone saat ini pasti dibekali dengan system operasi yang berfungsi untuk menjalankan semua kinerja hardware.



Layaknya sebuah benda, software (system operasi) di smartphone bisa saja mengalami kerusakan akibat dari pemakaian yang tidak wajar. Sebenarnya ada banyak penyebab bootlob pada smartphone, seperti gagal update security patch dan lain sebagainya.

Mungkin bagi pengguna Xiaomi seperti produk termurahnya yakni Redmi, pernah mengalami bootlob yang disebabkan gagal update atau system operasinya sudah usang. Diantara smartphone yang ada di pasaran saat ini, mungkin produk dari Xiaomi inilah yang paling rentan terkena bootlob.

Kenapa bisa Bootloop ?


Bootloop merupakan keadaan dimana system operasi tidak bisa melakukan booting, sehingga tidak bisa masuk ke home screen. Ada banyak hal penyebab terjadinya bootlob, misalnya saja ketika selesai di update systemnya dan ada file yang corrupt, sehingga terdapat kegagalan system.

Mungkin pengguna Redmi bertanya tanya kenapa ponsel mereka yang sering terkena bootlob ? Ya itu karena system UI dari Xiaomi selalu di update dan pasti rutin mengalami pembaruan. Tentu hal ini membuat banyak kerentanan ketika melakukan update system sendiri melalui smartphone.

Tetapi, untungnya Xiaomi memberikan akses mudah kepada para penggunanya untuk melakukan flash ulang sendiri tanpa perlu ke MI Store. Jadi, jika HP Xiaomi kamu mengalami bootlob bisa diperbaiki sendiri dirumah. Seperti pada kali ini saya akan memberikan tutorial flash Xiaomi Redmi 2 dan 2 Prime menggunakan MI Flash.

Mengatasi Bootloop pada HP Redmi 2 dan 2 Prime dengan MI Flash


1. Siapkan laptop untuk melakukan flash

2. Silakan download ROM Terbaru sesuai seri HP kamu, yang saya gunakan kali ini adalah ROM MIUI 8 Global. Download di situs resminya MI ya.  Setelah selesai download, jangan lupa extract dengan lokasi di “desktop” saja agar mudah mencari filenya atau di drive mana saja terserah.

3. Download dan install aplikasi MI Flash. Kamu bisa download aplikasi di internet, search saja “download MI Flash” dan pilih salah satu web penyedia software tersebut. Kemudian install seperti biasanya.

4. Jika sudah selesai install MI Flash, langsung saja buka aplikasinya. Jangan lupa siapkan kabel data (disarankan original dari bawaan saat beli HP Xiaomi)

5. Pada HP Xiaomi mu yang bootlob silakan masuk ke mode fastboot, caranya dengan menekan tombol power dan vol down (volume bawah) secara bersamaan selama beberapa detik hingga bergetar.

6. Setelah itu, sambungkan HP Xiaomi yang sudah dalam keadaan fastboot ke laptop dengan menggunakan kabel data.

7. Pada aplikasi MI Flash silakan klik “select” dan pilih folder ROM yang sudah di extract tadi.

8. Untuk memastikan HP sudah terhubung ke laptop, klik refresh.

9. Pada bagian bawah aplikasi MI Flash terdapat beberapa pilihan, silakan pilih sesuai keinginan, boleh clean all, save user data dan clean all and lock.
- Jika ingin menghapus semua data di memori internal, pilih clean all
- Jika ingin menyimpan data pengguna (akun, dll), pilih save user data
- Jika ingin menghapus semua data di memori internal dan mengunci ROM MIUI, pilih clean all and lock

10. Kemudian klik tombol “flash” pada sebelah kanan atas.

11. Tunggu hingga proses flashing selesai hingga status menunjukkan warna hijau dan HP kamu akan melakukan reboot sendiri.

12. Selesai.

Catatan Trik Flash Xiaomi yang Bootloop dengan MI Flash



Cara diatas bisa digunakan untuk semua type HP Xiaomi yang mengalami bootlob (hanya muncul logo saja). Yang membedakan hanya ROM MIUI nya, sesuaikan dengan ROM MIUI yang sama dengan type HP Xiaomi kamu, misalnya ROM MIUI Redmi 2 Prime Global, ROM MIUI Redmi 4X Global dan lain sebagainya. 

0 Response to "Trik Mudah Mengatasi HP Redmi yang Bootloop dengan Menggunakan MI Flash"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel