Trik Mengecilkan Ukuran File Gambar Tanpa Mengurangi Kualitasnya


Trik Mengecilkan Ukuran File Gambar tanpa mengurangi kualitas,- Gambar berkualitas, jernih dan apik biasanya memiliki ukuran file yang cukup besar. Kalau di handphone saat ini, hasil foto kamera mode HDR ukurannya bisa sampai 4MB. Apalagi jika kamu menggunakan kamera profesional seperti DSLR, ukuran file foto nya mungkin bisa sampai puluhan MB.


Ukuran file gambar yang terlalu besar tersebut tentunya akan cepat membuat memori penyimpanan habis. Untuk menghindari media penyimpanan cepat habis, sebaiknya hapus file file yang tidak penting. Selain itu, kamu juga bisa membuat file gambar menjadi lebih kecil dibanding ukuran file aslinya.

Namun, Apakah mengecilkan ukuran file gambar dapat membuat kualitasnya menurun ? Sebenarnya iya, tapi pengurangan kualitas gambar tidak akan bisa dibedakan oleh mata jika dilihat secara normal. Namun, akan terlihat bedanya ketika gambar di zoom.

Bagi sebagian orang, mungkin file gambar tidak perlu terlalu bagus sehingga ukurannya pun bisa lebih kecil. Nah, kali ini saya akan membagikan trik untuk mengecilkan gambar tetapi tanpa mengurangi kualitasnya secara tampak. Jadi, pengurangan kualitasnya tidak ketara oleh mata.


Mengecilkan ukuran file gambar secara offline


Cara untuk mengecilkan gambar ini secara offline ya, jadi kamu bisa melakukannya tanpa membutuhkan koneksi internet. Tetapi, sebelumnya kamu sudah harus menginstall aplikasinya bernama FileMinimizer untuk Windows.

1. Download aplikasi FileMinimizer

Silakan search di google dengan kata kunci “FileMinimizer” kemudian pilih salah satu website penyedia aplikasi. Atau kamu bisa menggunakan link ini. Disini

2. Install aplikasi

Setelah terdownload, silakan install seperti biasanya. Klik dua kali pada ikon aplikasi FileMinimizer dan akan muncul jendela setup. Silakan next saja sampai proses installasi selesai. Pada privacy police jangan lupa klik accept.

3. Mengecilkan gambar dengan FileMinimizer

Langkah ketiga adalah kita akan menggunakan FileMinizer untuk mengeceilkan gambar. Tetapi, sebelumnya Anda harus tahu bahwa pada aplikasi ini disediakan 3 jenis kompresi, yaitu:

- Web/E-mail compression : Hasil dari jenis kompresi ini merupakan yang terbaik untuk dikirim melalui email atau diunggah ke web/blog. Jadi, ukuran file akan sangat kecil tetapi masih bagus dilihat di web atau dikirim melalui email.

- Standard compression : Hasil gambar dari kompresi ini dikategorikan paling baik untuk ditampilkan pada semua layar baik itu HP atau laptop. Tetapi, ukurannya akan lebih besar dari kompresi Web/E-mail.

- Low compression : Untuk kompresi ini hasil gambar akan paling bagus untuk dicetak pada kertas. Tetapi ukuran file tergolong paling besar dibanding kedua jenis kompresi diatas. Tapi, jenis kompresi ini sudah cukup baik, dimana ketika saya mengkompres gambar 11MB dapat dikompres hingga berukuran 700kb dan kualitasnya pun tak bisa dibedakan atau sama saja jika dilihat mata.

Oke sekarang kita masuk ke proses mengecilkan gambar tanpa mengurangi kualitas secara drastis dan masih bagus dilihat oleh mata.

- Pilih ketiga jenis kompresi diatas dengan memilih pada bagian bawah kiri
- Klik open files pada bagian menu atas
- Pilih gambar yang ingin dikecilkan ukurannya kemudian klik open
- Setelah itu klik tombol optimize file di menu bagian atas
- Tunggu prosesnya hingga selesai dan jika sudah centang hijau, berarti file berhasil terkompres
- Untuk melihat hasil gambarnya, silakan menuju ke folder tempat kamu memilih foto aslinya dan gambar hasil kompres bernama akhiran (FILEminimizer).

0 Response to "Trik Mengecilkan Ukuran File Gambar Tanpa Mengurangi Kualitasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel