Trik Agar Hemat Kuota Saat Browsing di Laptop dengan Hostpot HP

Trik Agar Hemat Kuota Saat Browsing di Laptop dengan Hostpot HP,- Memang sudah agak lama kemampuan smartphone yang bisa digunakan untuk tethering hostpot atau juga disebut dengan berbagi koneksi internet. Dengan hostpot perangkat lain seperti laptop pun bisa terkoneksi internet.




Setelah perkembangan teknologi, hostpot pun mulai dimanfaatkan untuk berbagai macam fungsi. Seperti pada aplikasi berbagi file (ex. Share It) yang memanfaatkan hostpot pada HP untuk berinteraksi dengan perangkat penerima. Kecepatan pengiriman file pun menjadi lebih cepat dibanding dengan bluetooth.

Tethering HP Terasa Boros hanya untuk browsing ?


Ketika HP mu digunakan untuk hostpot, itu berarti kita berbagi jaringan internet kepada perangkat lain. Sayangnya, kita berbagi internet tidak bisa dengan Wifi (jika HP untuk tethering terkoneksi Wifi). Artinya fungsi Wifi dan Hostpot pada HP tidak bisa digunakan secara bersamaan.

Jadi, untuk bisa tethering menggunakan HP, kita harus terkoneksi internet dengan data seluler. Lalu, benarkah tethering dari HP lebih cepat boros ? Jawabannya iya dan tidak, karena semua itu tergantung dari pemakaian perangkat yang terhubung.

Jika hanya untuk browsing menggunakan laptop tapi tetap terasa boros, itu tandanya kamu harus mengetahui beberapa hal mengenai penggunaan data ketika melakukan browsing dengan menggunakan laptop.

Beberapa hal penyebab boros kuota saat tethering


1. Data yang diunduh lebih besar


Perlu kamu ketahui bahwa browser di laptop berbeda dengan browser HP. Pada browser laptop, ketika kamu melakukan browsing hanya membuka beberapa halaman saja akan bisa menghabiskan data beberapa MB. Kenapa begitu ?

Karena pada versi desktop, data yang ada pada sebuah website akan di load semua. Belum lagi ketika kamu membuka halaman web yang terdapat banyak gambar, maka data yang digunakan akan semakin banyak.

2. Karena Windows Update


Perlu kamu ketahui, system operasi terbaru dari Microsoft yakni Windows 10 mempunyai fungsi update security secara otomatis ketika perangkat laptop terhubung dengan internet. Bahkan untuk ukuran file updatenya bisa sampai 600MB.

Untuk menghindari penyebab borosnya kuota saat tethering meski hanya untuk browsing, kamu bisa menggunakan trik berikut ini.

Cara Hemat Kuota Saat Browsing di Laptop dengan hostpot HP


1.  Membatasi Jumlah penggunaan data


Untuk pertama lakukan testing terlebih dahulu. Caranya adalah membiarkan laptop terhubung ke internet dan jangan digunakan untuk apapun. Biarkan saja hingga 30 menit. Tetapi pada HP kamu setting batas penggunaan data ketika melakukan hostpot.

Pergi Setting/Setelan > Hostpot portable > Batas data satu kali > Aktifkan pada Batas data satu kali > Pada ukuran setting 50MB > Saat terlampaui pilih matikan dan beritahu. Setelah itu aktifkan hostpot dan sambungkan laptop dengan hostpot dari HP kamu. Kemudian, diamkan saja.

2. Matikan Windows Update


Jika memang selama laptop terhubung dengan hostpot tidak digunakan untuk apapun tetapi di HP kamu penggunaan data sudah 50MB, maka memang benar ada windows update yang berjalan dilata belakang. Hal ini tentu akan menyedot banyak sekali kuota.

Maka dari itu silakan matikan windows update dengan masuk ke Task Manager dan cari process windows update atau pada system update. Setelah itu klik disabled.

3. Menggunakan baidu browser untuk laptop


Aplikasi browser seperti Chrome dan Mozilla, biasanya akan meload semua data website tanpa mengkompress ukurannya. Sehingga kamu perlu menggunakan Baidu Browser yang sudah terkenal irit penggunaan data meski untuk browsing.

Memang benar, Baidu Browser dapat mengkompres ukuran halaman yang sedang kamu kunjungi. Selain hemat penggunaan data internet, kamu pun dapat melakukan browsing menjadi lebih cepat.
Oke, itu lah trik hemat kuota saat browsing di laptop dengan tethering HP. Tapi trik diatas tidak berlaku jika kamu gunakan tethering HP untuk nonton Youtube ya hehe.

0 Response to "Trik Agar Hemat Kuota Saat Browsing di Laptop dengan Hostpot HP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel