Pengertian Hotspot dan Fungsinya

Hotspot dan Fungsinya, Pengertian hotspot adalah sebuah area dimana seorang pengguna atau client dapat terhubung dengan internet tanpa menggunakan kabel UTP dan hanya menggunakan jaringan nirkabel (sinyal). Seorang client dapat terhubung dengan hotspot dengan menggunakan Handphone support wifi, Laptop maupun PC dengan bantuan perangkat receiver (TP-LINK).

Sebenarnya fungsi hotspot sendiri adalah memancarkan sinyal jaringan LAN yang kemudian jaringan ini biasanya terdapat router yang terhubung dengan internet. Jangkauan area hotspot ini tidak terlalu luas, biasanya hanya mencapai 100meter persegi atau maksimal 25meter dari perangkat pemancar.


Fungsi Utama Hotspot

1. Untuk berbagi sumber daya khusunya berbagi koneksi internet, sehingga dapat digunakan secara bersama sama.

2. Untuk menghemat biaya arsitektur jaringan, karena koneksi internet bisa digunakan orang banyak secara bersama sama tanpa menggunakan kabel.

3. Kemudahan berbagi informasi dalam ruang lingkup atau pada jaringan yang sama.

4. Mudah dalam penggunaanya, seorang pengguna yang awam sekalipun akan dapat tersambung dengan hotspot karena hanya dengan menghubungkan wifi dari perangkat mobilenya, Ia bisa tersambung dengan hotspot.

Kelebihan Hotspot

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari hotspot yang dapat saya jelaskan dalam beberapa point berikut ini :

1. Meningkatkan Minat Masyarakat
Minat masyarakat untuk mengupdate informasi terbaru sangatlah tinggi, untuk itu jaringan hotspot yang mudah didapatkan akan menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat karena cara penggunaannya tidak ribet. Dengan kemudahan akses internet ini, diharapkan masyarakat lebih melek informasi khususnya yang ada di internet.

2. Akses Mudah untuk Orang Banyak
Kita mungkin pernah mendengar apa itu wifi.id corner. Wifi.id adalah salah satu area yang dibuat oleh telkomsel dan menyediakan jaringan internet super cepat. Untuk dapat menggunakan wifi.id, kamu harus menuju area yang terdapat sinyal wifi.id. Jika sudah ada, kamu bisa membeli voucher untuk login dan kamupun bisa menikmati jaringan internet supercepat.

3. Menambah Peluang Usaha Baru
Wifi.id merupakan salah satu contoh bentuk usaha hotspot yang dibuat oleh PT. Telkom. Tentu saja ini akan menjadi satu konsep baru untuk pengembang bisnis sejenis, mengingat wifi.id ini masih tergolong susah didapatkan.

Kekurangan Hotspot

Tidak dapat dipungkiri, bahwa setiap kelebihan akan ada kekurangan yang mendampingi. Tak terkecuali dengan hotspot yang juga memiliki kekurangan. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi kekurangan dari hotspot.

1. Kelemahan Wi-Fi dalam menangkal serangan hacker. Sudah kita ketahui bahwa jaringan Wi-Fi atau hotspot yang tidak terenkripsi, cenderung lebih mudah dibobol oleh hacker. Bahkan, sebuah hotspot yang sudah terenkripsi WPAP pun masih bisa di bobol oleh hacker dengan tool khusus. Tujuan hacker membobol jarngan hotspot tentu saja untuk mencuri data penting pengguna seperti password, name id, dan lain sebagainya.

2. Kekurangan kedua adalah rentan terhadap serangan DDOS. Serangan DDOS atau yang biasa disebut DDOS Attack ini adalah suatu tindakan mengeksploitasi server secara berlebih dan terus menerus hingga akhirnya server menjadi down. Serangan DDOS ini bisa melalui jaringan internet lhoh. Jadi, bagi kamu yang memiliki jaringan hotspot untuk keperluan kantor, jangan lupa untuk memasang software security untuk menangkal DDOS Attack.

3. Penggunaan bandwith yang menjadi terbatas jika client atau penggunanya terlalu banyak.  Kondisi bandwith yang overload ini dapat menyebabkan jaringan lemot, karena jaringan harus dibagi kebanyak pengguna atau client. Sebab bandwith terkuras bisa juga dari pengguna yang mendownload file besar melalui software downloader seperti IDM.

0 Response to "Pengertian Hotspot dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel