Macam Macam Serangan Jaringan


Macam Macam Serangan Jaringan, Sebuah jaringan komputer yang memiliki system keamanan paling canggihpun akan mendapatkan serangan dari pihak luar. Serangan yang dimaksudkan adalah bertujuan untuk mengeksploitasi informasi dalam jaringan yang sifatnya rahasia, seperti jaringan bank, perusahaan atau organisasi. Orang yang biasa menjebol atau menyerang jaringan biasa disebut hacker atau attacker.



Serangan jaringan yang dilakukan pun bermacam macam dengan berbagai tujuan yang berbeda. Banyak orang yang menganggap bahwa serangan terhadap jaringan cenderung kepada non-hardware, tetapi justru serangan tersebut ditujukan untuk melumpuhkan hardware dengan cara membuat jaringan bekerja lebih berat dibanding biasanya sehingga berdampak pada rusaknya hardware jaringan.

Macam Macam Serangan Jaringan yang Dilakukan oleh Hacker atau Attacker

1. SQL Injection

Bentuk penyerangan jaringan yang pertama adalah SQL Injection, yaitu kegiatan hacking pada sistem komputer dengan tujuan untuk mendapatkan akses kedalam Basis Data. Setelah mendapatkan akses Basis Data seorang hacker dapat melakukan seperti pencurian data penting username dan password seseorang.

2. DoS atau DoS Attack (Denial of Service)
Kegiatan yang sangat mengganggu jaringan adalah ketika terjadi serangan DoS. Serangan jenis ini adalah dengan menghabiskan resource pada sistem sehingga menyebabkan jaringan menjadi hang atau bahkan server menjadi overload dan berakhir rusak.

Secara awam serangan DoS ini adalah dengan melakukan pemanggilan “ping” kepada server secara bersamaan dan dalam waktu yang relatif lama sehingga resource sistem menjadi over.

3. Traffic Flooding atau Jingling

Serangan jenis ini sering dilakukan oleh seseorang yang jahil atau iri terhadap suatu website. Kegiatan ini adalah dengan membanjiri jaringan dengan menggunakan bot atau skrip yang sudah diatur untuk membuat lalu lintas jaringan menjadi penuh.

4. Deface

Serangan ke empat adalah melakukan penyerangan yang bertujuan mengubah tampilan suatu situs atau web. Deface ini biasanya dilakukan dengan memasuki database tempat situs tersimpan kemudian mengubah tampilan atau mengacak acak tampilan situs tersebut.

5. Social Engineering

Social engineering merupakan salah satu penyerangan jaringan yang dilakukan dengan memanfaatkan kepercayaan pengguna. Contoh dari social engineering adalah memberikan fake login yang mirip seperti social media misalnya facebook, yang kemudian korban yang tidak tahu memasukkan username dan password asli.

Serangan jaringan seperti ini biasanya kita sebut dengan phising. Namun, sebenarnya phising ini adalah sebutan untuk website yang digunakan untuk melakukan serangan social engineering.

6. Malicious Code

Serangan ke enam adalah menyerang jaringan dengan menggunakan kode atau script berbahaya yang kemudian disisipkan pada virus, trojan atau worm. Ketiga media ini dapat disisipkan dan bisa berjalan dalam bagian jaringan misalnya didalam website, file data dan lain sebagainya.

7. Packet Sniffer

Sebuah serangan yang bertujuan untuk mencuri atau menangkap file data namun tidak dari server adalah packet sniffer. Teknik serangan jaringan ini populer dan merupakan teknik serangan yang cukup sulit, hal ini dikarenakan seorang penyerang melakukan pencurian atau penangkapan file data yang sedang lewat didalam jaringan.

Akibat dari Serangan Jaringan

1. Terjadi gangguan pada kabel jaringan
2. Kerusakan harddisk server karena sering mendapat serangan seperti DoS
3. Konsleting jaringan, karena tidak menutup kemungkinan aktifitas serangan jaringan dapat menyebabkan gangguan listrik. Apalagi jika serangan ditujukan untuk merusak jaringan listrik.
4. Data corrupt atau rusak
5. Koneksi suatu device tidak terkoneksi karena serangan jaringan yang telah dilakukan.


0 Response to "Macam Macam Serangan Jaringan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel