Konfigurasi NTP server pada debian 6 squeeze

Tutorial Konfigurasi NTP Server Pada OS Debian 6 Squeeze | BloggerDeso251Setelah kita konfigurasi router dan DNS Server pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan mengkonfigurasi NTP Server. NTP merupakan kepanjangan dari Network Time Protokol yang fungsinya adalah untuk mengatur waktur. Mengatur waktu yang dimaksud adalah menyingkronkan waktu client dengan server.

Konfigurasi NTP server pada debian 6 squeeze
Konfigurasi NTP server pada debian 6 squeeze
Sebelum masuk ke langkah langkah konfigurasi NTP Server saya jelaskan dahulu kenapa NTP ini sangat penting untuk di konfigurasi. Peran NTP menjadi sangat penting ketika jumlah komputer dalam jaringan telah melampaui batas, agar semua waktu dapat berjalan serentak pada setiap komputer. Untuk dapat mengkonfigurasi NTP Server sebelumnya kamu harus tahu bahwa aplikasi untuk NTP ini adalah ntp dan ntpdate.

Langkah Langkah Konfigurasi NTP Server Debian 6

1. Login terlebih dahulu ke super user atau root

2. Setelah masuk ke root silakan ketik syntak berikut : apt-get install ntp ntpdate kemudian tekan tombol enter pada keyboard.

3. Setelah berhasil terinstall, langkah selanjutnya adalah mengedit filentp.conf yakni dengan mengetikkan script nano /etc/ntp.conf kemudian tekan tombol enter. Setelah enter akan muncul sebuah interface berisi informasi dari ntp.

4. Cari pada interface itu yaitu script :
# enable this if you whant statistics to be logged
#statsdir /var/log/ntpstats
Setelah ketemu, silakan hapus tanda pagar (#) didepan kode statsdir /var/log/ntpstats.

5. Langkah kelima adalah cari script berikut :
#server ntp.your-provider.example
Setelah ketemu silakan hapus tanda pagar (#) didepan kataserver. Nah, pada bagian your-provide.example silakan ganti sesuai dengan domain yang kamu gunakan. Misalnya menggunakan domain muncen.com maka akan menjadi server ntp.muncen.com.

6. Langkah selanjutnya adalah cari script :
server 0.debian.pool.ntp.org iburst
server 1.debian.pool.ntp.org iburst
server 2.debian.pool.ntp.org iburst
server 3.debian.pool.ntp.org iburst

Nah, pada setiap awal server silakan tambah tanda pagar (#). Setelah semuanya, tambahkan scriptserver 127.127.1.0 dan scriptfudge 127.127.1.0 staratum 1 pada bawah script server 3.debian.pool.ntp.org iburst.

Maka hasil dari langkah ke 6 adalah sebagai berikut :
#server 0.debian.pool.ntp.org iburst
#server 1.debian.pool.ntp.org iburst
#server 2.debian.pool.ntp.org iburst
#server 3.debian.pool.ntp.org iburst
server 127.127.1.0
fudge 127.127.1.0

7. Langkah ke tujuh adalah silakan cari kata #restrict dengan menggunakan tombol kombinasi yaitu ctrl+W, lalu ketikkan #restrict dan enter. Setelah ketemu silakan hapus tanda pagar (#) pada awal kata restrict. Pada alamat IP 192.168.123.0 silakan ganti sesuai dengan alamat IP yang kamu gunakan. Selanjutnya pada katanotrust gantilah dengan nomodify notrap.

Hasilnya akan menjadi seperti ini :
Restrict 192.168.10.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap

8. Kemudian save file tersebut dengan melakukan perintah Ctrl+X > >Y > >enter
Setelah berhasil disimpan selanjutnya adalah restart ntp dengan mengetikkan perintah /etc/init.d/ntp restart

9. Seluruh proses konfigurasi NTP Server dengan debian 6 telah selesai. Saatnya adalah mengecek konfigurasi NTP nya apakah sudah berhasil atau tidak. Cara mengecek konfigurasinya adalah dengan mengetikkan perintah ntpq -p lalu tekan tombol enter pada keyboard. Jika konfigurasi berhasil maka akan muncul informasi tentang server.provider(domain yang digunakan).

10. Pada langkah terakhir adalah update waktu di PC kita sendiri dengan cara menuliskan script berikutntpdate -u domainkamu. Sebagai contoh adalah ntpdate -u ntp.muncen.com.

Nah, itulah cara untuk konfigurasi NTP Server dengan menggunakan debian 6. Jika sobat merasa bingung dan masih belum berhasil silakan tinggalkan komentar dibawah.

0 Response to "Konfigurasi NTP server pada debian 6 squeeze"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel