Komponen Komponen Motherboard beserta penjelasannya

Komponen Komponen Motherboard beserta penjelasannya | BloggerDeso251Motherboard adalah bagian dari komputer yang digunakan untuk meletakkan beberapa macam komponen komputer. Tanpa motherboard, komponen seperti Prosesor, RAM dan lain sejenisnya tidak akan dapat digunakan dan saling terintegrasi.


Fungsi utama motherboard sebenarnya bukan hanya untuk meletakkan komponen saja tetapi juga mengintegrasikan antar komponen yang terpasang sehingga komputer dapat berfungsi secara sempurna. Nah, pada kali ini saya akan memberikan beberapa contoh komponen apa saja yang terpasang didalam motherboard.

Macam Komponen Penting Pada Motherboard

1. Processor
Prosesor adalah otak dari komputer, apabila tidak ada prosesor maka komputer tidak akan bisa hidup atau dijalankan. Fungsi prosesor secara rinci adalah untuk mengontrol keseluruhan proses yang berjalan didalam sistem komputer itu sendiri. Prinsip kerjanya hampir sama dengan rumus rumus fisika dan menggunakan gerbang gerbang logika yang bisa kamu pelajari dipelajaran sistem komputer.

Letak prosesor pada motherboard terletak pada socket dibawah heatsing (kipas pendingin prosesor). Socket tersebut sangat sensitif, sehingga jangan sembarangan untuk memegangnya. Pada prosesornya sendiri pun terdapat bagian sensitifnya juga yakni pada bagian yang terdapat bintik bintik (berwarna emas).

2. RAM (Random Acess Memory)
RAM merupakan perangkat penyimpanan yang hanya bersifat sementara saja. Komponen ini termasuk kedalam komponen yang melekat pada motherboard. RAM erat kaitannya dengan prosesor, apabila RAM tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka prosesorpun akan ikut terganggu.

Komputer tanpa sebuah RAM artinya mustahil dan tidak akan bisa berjalan. Jika kapasitas RAM kecil, maka itu juga bisa mempengaruhi suatu proses. Perbandingan antara RAM dengan prosesor adalah sama sama penting dan satu sama lain saling berpengaruh terhadap kinerja komputer.

3. Harddisk
Komponen yang satu ini memang tidak melekat langsung pada motherboard, tapi socket harddisk ini berada di motherboar dan harus dipasang dengan benar. Harddisk adalah perangkat untuk menyimpan seluruh data yang ada di komputer sehingga semua dapat diproses atau diolah. Tanpa harddisk, komputer juga tidak akan dapat berjalan, karena biasanya OS komputer terinstall di harddisk komputer.

Jadi, jangan sesekali melepas atau menyepelekan harddisk ya. Ada dua jenis harddisk yang saat ini populer guys, yakni harddisk type SSD yang terkenal dengan kecepatan luar biasa dan type kedua adalah HDD SATA yang harganya lebih murah dengan kapasitas besar.

4. VGA
VGA atau bisa disebut dengan GPU (Graphics Processing Unit) adalah komponen motherboard yang berfungsi untuk melakukan pemrosesan grafis. Sebenarnya prosesor jaman sekarang sudah dilengkapi dengan GPU tapi untuk memaksimalkan grafis yang ditampilkan maka dibutuhkan VGA atau GPU.

Macam jenis VGA sebenarnya sama saja, hanya beberapa merk memiliki seires yang berbeda beda dengan harga yang berbeda pula. Apabila kamu penghobi game berat seperti GTA V, maka GPU atau VGA ini dapat membantu kenyamanan dalam menjalankan game tersebut.

5. Baterai CMOS
Baterai CMOS juga terletak pada motherboard, baterai ini sangat penting untuk komputer karena digunakan untuk memberikan daya pada komputer ketika aliran listrik off. Baterai ini juga berfungsi untuk mengatur jam system dan pada bios.

6. LAN Card
Komponen pada motherboard ini juga penting apabila komputer yang kamu gunakan harus terhubung dengan jaringan yang menggunakan kabel UTP dengan slot RJ45. Tanpa komponen ini sebenarnya komputer masih bisa terhubung dengan internet, tetapi harus dengan menggunakan modem USB.

Nah, itulah beberapa komponen penting pada komputer yang bisa saya sampaikan. Apabila kamu ingin bertanya silakan tinggalkan dikolom komentar ya.

0 Response to "Komponen Komponen Motherboard beserta penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel