Keamanan Jaringan : Pengertian, Tujuan dan Etika


Keamanan Jaringan, Pengertian keamanan jaringan adalah serangkaian kebijakan yang ditempuh untuk mencegah dan memonitor akses ilegal atau tidak sah. Selain itu juga untuk mencegah penyalahgunaan, modifikasi atau penolakan jaringan komputer dan sumber daya jaringan dapat diakses. Keamanan jaringan biasanya melibatkan otoritas akses ke data dalam jaringan, yang dikendalikan oleh administrator jaringan.



Keamanan jaringan mencakup beberapa aspek dalam berbagai komputer, baik negeri maupun swasta yang digunakan dalam pekerjaan sehari – hari, melakukan transaksi dan komunikasi pada kalangan bisnis, instansi pemerintah dan individu. Jaringan swasta bisa saja seperti perusahaan perusahaan dan lainnya yang mungkin terbuka untuk akses publik.

Tujuan dari Keamanan Jaringan

Tujuan nya adalah untuk melindungi keamanan informasi – informasi dan sistem informasi terhadap akses dan penggunaan, penggunaan, gangguan serta modifikasi yang mungkin saja dilakukan oleh penyerang jaringan. Selain itu juga untuk mengamankan jaringan dari gangguan tanpa menghalangi penggunaannya serta melakukan antisipasi ketika jaringan berhasil dibobol.

Kebijakan pengguna jaringan dapat menjadi 3 hal yakni kebijakan organisasi, etika menggunakan jaringan dan kebijakan mengakses komputer.

1. Kebijakan Organisasi

Kebijakan organisasi adalah suatu organisasi atau instansi dalam ruang lingkup keamanan jaringan untuk akses pada sistem jaringan di tempat tersebut. Contoh dari kebijakan organisasi adalah sebagai berikut :

a. Tata kelola sistem komputer
b. Pengaturan kerapihan pengkabelan
c. Pengaturan kases Wi-Fi
d. Menajemen data keorganisasian
e. Sinkronisasi antar sub-organisasi
f. Manajemen sumber daya
g. Maintenance dan checking berkala

2. Etika Menggunakan Jaringan

Setiap hal didunia ini pasti ada sebuah peraturan yang harus diikuti serta etika yang harus ditaati. Karena jika tidak bisa berdampak tidak baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Begitupun dalam jaringan harus memperhatikan etika – etika yang berlaku. Berikut diantar etika dalam keamanan jaringan :

1. Memahami akses pengguna atau user
2. Memahami kualitas daya organisasi
3. Pengaturan penempatan sub-organisasi
3. Kebijakan mengakses komputer

Dalam suatu kebijakan penggunaan jaringan, tidak menuntup kemungkinan terdapat kebijakan pengguna ketika mengakses jarngan melalui komputer user. Dari sekian banyak kebijakan ada 3 hal utama yang berkaitan dengan kebijakan mengakses komputer yaitu sebagai berikut :

1. Manajemen pengguna
2. Manajemen Sistem Komputer
3. Manajemen waktu akses

Segi Kemanan Jaringan

Dalam keamanan jaringan terdapat beberapa segi keamanan yang dapat dibagi menjadi 7 segi, tapi yang akan saya jelaskan hanya ada 4 yaitu sebagai berikut ini.

1. Privacy dan Convidentiality

Usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses jaringan. Privacy lebih mengarah kedata data yang sifatnya rahasia sedangkan convidentiality biasanya berkaitan dengan data yang diberikan kepada pihak lain untuk keperluan tertentu dan hanya diperbolehkan untuk keperluan khusus saja.

2. Integrity

Pada segi ini akan menekankan bahwa informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemiliki informasi. Contoh umum yang bisa mengubah informasi adalah ancaman dari trojan, virus, man in the middle attack yang dapat pengubahan isi email. Dan solusi nya adalah dengan enkripsi serta melakukan digital signature.

3. Avaibility

Avaibility atau ketersediaan berkaitan dengan ketersediaan informasi didalam sebuah jaringan ketika dibutuhkan. System informasi yang diserang atau dijebol bisa meghambat atau membuat ketersediaan informasi menjadi tidak ada.

4. Non - Repudiation

Segi ini akan menjaga supaya seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi. Penggunaan digital signature dan tekonologi kriptografi secara umum dapat menjaga segi ini dengan baik namun masih harus didukung oleh hukum sehingga status dari digital signature itu jelas legal.

0 Response to "Keamanan Jaringan : Pengertian, Tujuan dan Etika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel