Jenis Jenis Konsentrator Ethernet dan Pengertiannya

Jenis Jenis Konsentrator Ethernet dan Pengertiannya, Pengertian Konsentrator Ethernet adalah sebuah perangkat untuk menyatukan atau menghubungka kabel kabel jaringan dari setiap workstation, selain itu juga digunakan untuk menghubungkan server atau perangkat dalam sebuah jaringan komputer. Sesuai dengan pengertiannya, konsentrator ethernet sangatlah penting dalam sebuah jaringan.

Bisa dikatakan, jika tidak ada konsentrator / penghubung maka sebuah jaringan tidak mungkin bisa dibentuk. Jika konsentrator atau penghubung dalam jaringan tidak ada salah satunya saja, kemungkinan jaringan komputer yang akan dibentuk tidak bisa berfungsi sebagaimana yang di inginkan. Nah, berikut ini adalah jenis jenis dari Konstrator ethernet yang digunakan untuk membentuk jaringan komputer.


Jenis Jenis Konsentrator Ethernet

Berikut adalah beberapa jenis konsentrator atau penyambung di dalam jaringan komputer.

1. Hub

Hub adalah sebuah perangkat keras jaringan yang sederhana dan terlihat paling kecil dibanding dengan perangkat konsentrator ethernet lainnya. Hub tidak memiliki tugas untuk mengatur alur jalannya data pada jaringan, namun Hub akan mengirimkan paket data yang melewati hub secara broadcast ke semua port yang terhubung dengan hub.

Semua port akan dikirimi paket data dari hub dan paket data yang terdapat alamat penerima (IP address) akan sampai pada perangkat yang tersambung pada port hub yang memiliki alamat sama. Sedangkan, perangkat yang tidak memiliki alamat sama dengan paket datanya maka tidak akan menerima paket tersebut.

Jadi, dengan menggunakan hub jaringan menjadi lebih lambat. Hal itu dikarenakan semua paket data dikirim ke semua perangkat yang terhubung tanpa bisa mengenali alamat penerima yang sebenarnya.

2. Switch

Perangkat konsentrator enthernet selanjutnya adalah switch. Switch adalah sebuah perangkat keras jaringan yang dapat memungkinkan terjadinya distribusi paket data antar komputer dalam jaringan. Dengan menggunakan switch, Ia dapat mengenali topologi jaringan dari banyak layer sehingga paket data dapat langsung sampai ke tujuan tanpa perlu mengirimkan paket secara broadcast.

Keuntungan menggunakan switch adalah jaringan menjadi lebih cepat, karena tidak ada paket data yang terkirim sia – sia. Selain itu, switch juga lebih baik dalam hal manajemen data daripada hub. Namun, harga untuk sebuah switch lebih mahal dibandingkan dengan perangkat konsentrator seperti hub.

3. Bridge

Perangkat konsentrator ethernet yang memiliki beragam fungsi adalah bridge. Bridge adalah perangkat keras jaringan yang menghubungkan jaringan dengan menggunakan transmisi berbeda. Misalnya sebuah jaringan ethernet baseband dapat dihubungkan dengan jaringan ethernet broadband.

Selain menghubungkan jaringan dengan transmisi yang berbeda, bridge juga dapat menghubungkan jaringan dengan tipe kabel yang berbeda atau dengan topologi yang berbeda. Jadi, fungsi bridge sangat diperlukan ketika sebuah jaringan memiliki transmisi, jenis kabel, atau topologi yang berbeda. Bridge juga dapat mengetahui alamat setiap client yang terhubung pada jaringan.

4. Router

Seperti pada artikel sebelumnya, saya telah menjelaskan mengenai router. Nah, perangkat router ini sendiri merupakan konsentrator ethernet yang khusus menangani koneksi antar dua atau lebih jaringan yang terhubung melalui paket switching.

Router dapat bekerja dengan melihat alamat asal (pengirim) dan alamat tujuan (penerima) dari paket data yang melewatinya. Kemudian, router akan memutuskan rute yang akan dilewati paket tersebut hingga akhirnya paket sampai dengan tujuan atau penerima.

Perangkat router ini tergolong penting untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda. Namun, harus melalui switching terlebih dahulu. Jadi, kesimpulannya adalah ke empat konsentrator diatas penting untuk jaringan dan dapat digunakan ketika dalam situasi atau kebutuhan jaringan yang berbeda-beda.

0 Response to "Jenis Jenis Konsentrator Ethernet dan Pengertiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel