Fungsi Jari Tangan pada Keyboard

Fungsi Jari Tangan pada Keyboard Komputer | BloggerDeso251Hal penting dalam menggunakan computer adalah kemampuan mengetik menggunakan sepuluh jari tangan. Dengan mengetik sepuluh jari tangan, kecepatan dalam menulis pun maksimal. Tapi, untuk dapat mengetik sepuluh jari tanpa melihat keyboard dibutuhkan latihan yang rutin.
Fungsi Jari Tangan pada Keyboard

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan sepuluh jari untuk mengetik pada keyboard computer.

Langkah langkah Menggunakan Sepuluh Jari Untuk Mengetik
Untuk pertama kali kamu harus mengerti dan hafal letak setiap huruf dengan membuat garis imajinasi yang membagi antara kanan dan kiri. Selain itu, perhatikan tombol “F” dan “J” yang mana kedua tombol ini terdapat tanda benjolan sedikit. Nah, fungsi benjola ini adalah untuk letak jari telunjuk kanan maupun jari telunjuk kiri.

1. Fungsi dan letak ibu jari
Untuk kedua ibu jari kanan dan kiri letakkan pada tombol SPACE atau spasi pada keyboard. Ini merupakan tombol kunci yang nantinya semua tombol dapat digapai oleh tangan sobat.

2. Fungsi jari pada tangan kiri

Jari kelingking, pada jari ini gunakan untuk menekan huruf A, Q, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab serta Capslock. Cobalah melatih secara perlahan untuk membuat jari kelingking terbiasa menekan tombol keyboard sesuai dengan fungsinya.

Jari Manis, pada jari manis gunakan untuk menekan huruf W, S, X dan angka 2. Jarak perpindahan dari angka 2 ke huruf X memang jauh, oleh karena itu pergelangan tangan harus bergerak atau tidak bertumpu pada meja.

Jari tengah, pada jari ini digunakan untuk menekan tombol huruf E, D, C dan Angka 3. Untuk fungsi jari tengah mungkin tidak terlalu sulit karena jari tengah memiliki panjang yang lebih dari cukup untuk menjangkau setiap tombol.

Jari telunjuk, jari telunjuk digunakan untuk menekan tombol huruf R, F, V, T, G, B, Y dan Angka 4, 5, 6. Pada tombol Y kamu mungkin kesulitan untuk menjangkaunya dengan jari telunjuk tangan kiri, kamu bisa menggunakan jari telunjuk pada tangan kanan.

3. Fungsi jari pada tangan kanan

Jari kelingking, pada jari ini gunakan untuk menekan huruf P, tanda baca titik koma dan tanda slash. Biasanya jari paling kecil ini sulit untuk terbiasa menekan tombol sesuai dengan fungsinya, maka dari itu kamu harus melatihnya supaya terbiasa.

Jari Manis, pada jari manis gunakan untuk menekan huruf L, O dan tanda titik serta Angka 9. Jari manis juga akan sulit untuk terbiasa melakukan fungsinya, maka latihlah hingga terbiasa.

Jari tengah, jari tengah pada tangan kiri ini digunakan untuk menekan tombol huruf I, K, tanda koma dan Angka 8. Pada jari tengah mungkin lebih cepat terbiasa melakukan fungsinya dalam menggunakan keyboard computer.

Jari telunjuk, jari telunjuk digunakan untuk menekan tombol huruf Y, U, H , J, N, M, B serta Angka 6 dan 7. Mungkin fungsi jari telunjuk pada tangan kanan dan jari telunjuk tangan kiri dapat melakukan fungsinya secara kondisional atau menekan tombol yang sama.

Posisi Mengetik yang Baik

1. Untuk posisi mengetik yang baik adalah jarak antara mata dengan layar yakni 50cm. Jika kamu menggunakan naskah untuk dijadikan sumber tulisan, maka letak naskah adalah berada di sebelah kiri, hal ini bertujuan supaya leher tidak lelah.

2. Posisi pangkal jari tangan jangan sampai menempel pada meja atau keyboard, sebab hal ini akan memengaruhi otot pundak serta kecepatan dan ketepatan dalam mengetik sepuluh jari.

0 Response to "Fungsi Jari Tangan pada Keyboard"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel