Tipe dan Jenis jenis prosesor komputer

Tipe dan Jenis Prosesor Komputer | BloggerDeso251 - Processor komputer merupakan otak yang membuat komputer dapat bekerja. Tanpa prosesor, komputer tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Fungsi utama prosesor adalah mengatur seluruh sumber daya yang tergabung dengan komputer.

Di dunia ini terdapat banyak jenis prosesor. Tapi, jika kita membahas jenis prosesor maka kita tidak bisa lepas dari merk prosesor. Ada 2 jenis prosesor komputer yang memiliki tingkat persaingan ketat yaitu prosesor intel dan amd. Kedua prosesor ini telah mengusai berbagai pangsa pasar di benua Amerika, Asia dan Eropa. Namun, tak menutup kemungkinan bagi prosesor lain untuk bersaing.
Tipe dan Jenis jenis prosesor komputer lengkap
Jenis Jenis Prosesor Berdasarkan Merknya
  1. Prosesor Intel
    Urutan pertama adalah Intel. Jika kita melihat secara menyeluruh dari segala aspek baik build quality dan penguasaan pangsa pasar, maka intel bisa dikatakan nomor satu. Produk ini adalah produk yang dihasilkan oleh perusahaan Intel Corporation. Perusahaan ini merupakan perusahaan multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat dan sudah berdiri sejak tahun 1968.

    Prosesor Intel memiliki kelebihan jika dibanding yang lain yaitu : Lebih tahan terhadap suhu panas, memiliki fitur turbo bost yang berguna untuk menambah performa dan kecepatan. Fitur turbo bost ini ada didalam serie I3, I5, I7. Selain itu, Intel juga sudah memiliki brand yang sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat.

    Jika kita melihat dari awal berkembangnya prosesor intel maka tipe atau series prosesor ini akan banyak untuk dihitung. Pada kali ini saya akan memberikan beberapa contoh tipe prosesor Intel.
    1. Intel Pentium II 
    2. Intel Pentium III
    3. Intel Celeron 
    4. Intel Pentium IV
    5. Intel Core 2 Quad2006
    6. Intel Quad Core Xeon2006
    7. Intel Core i3, i5, i7
  2. Prosesor AMD
    Berikutnya adalah pesaing dari prosesor intel yaitu prosesor AMD. AMD berada di urutan kedua sebagai perusahaan terbesar setelah perusahaan Intel Corporation. Markas dari perusahaan AMD di Amerika Serikat tepatnya di Sunnyvale, California. Perusahaan ini merupakan perusahaan semikonduktor multinasional.

    Sama seperti intel, AMD juga memiliki berbagai macam jenis prosesor. Namun, tipe AMD tidak sebanyak Intel. Prosesor AMD mulai terkenal baru baru ini yaitu setelah kemunculannya prosesor AMD serir Ryzer (tertinggi). Berikut adalah serie atau tipe prosesor AMD.
    1. AMD APU A Serie
    2. AMD FX
    3. AMD Z
    4. AMD Serie Ryzer
  3. Prosesor Apple
    Sepertinya perusahaan Apple Inc. adalah perusahaan yang dapat membuat semua hardwarenya sendiri. Perusahaan ini mampu membuat perangkat keras maupun perangkat lunak secara mandiri. Bisa kita lihat produk Apple seperti MacBook dan iPhone mampu bersaing secara global di beberapa benua. Meskipun produk dari Apple tergolong mahal, namun produk Apple memiliki kualitas yang sangat baik.

    Tak ketinggalan Apple juga membuat prosesor yang kualitasnya tidak kalah dengan prosesor lainnya. Tapi, prosesor Apple masih kalah jauh dengan prosesor seperti intel atau AMD, mungkin hal itu disebabkan dari perusahaan masih fokus pada pengembangan iPhone.

    Berikut adalah beberapa serie prosesor Apple :
    1. Apple I
    2. Apple II
    3. Apple DOS
    4. Apple Pascal
    5. Apple CP / M
    6. Apple SOS
    7. Apple ProDOS
    8. Apple Macintosh
Nah, itulah beberapa jenis prosesor berdasarkan merknya. Pada dasarnya prosesor memiliki fungsi yang sama, hanya saja jumlah core serta kecepatannyalah yang menentukan laku tidaknya prosesor tersebut dipasaran.

0 Response to "Tipe dan Jenis jenis prosesor komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel