Sejarah Perkembangan OS Linux

Sejarah Perkembangan OS Linux | BloggerDeso251 - System Operasi adalah sebuah program yang berfungsi dalam memanajemen hardware maupun aplikasi yang berjalan diatasnya. Sebuah perangkat komputer tidak akan bisa melakukan aktivitas apapun tanpa adanya system operasi yang terinstall pada komputer tersebut.

System Operasi dibagi menjadi dua yaitu system operasi open source dan system operasi close source. OS Open source merupakan OS yang mana kode programnya dibuka untuk publik dan siapapun boleh memodifikasi kode programnya demi perkembangan yang lebih baik. OS Close Source adalah OS yang kode programnya tidak dibuka untuk publik dan biasanya berbayar.
Sejarah Perkembangan OS Linux

Pengertian Operasi Linux
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai System Operasi Open Source populer yaitu Linux. OS Linux adalah sistem operasi yang berkembang dari sebuah kernel yang diciptakan oleh Linus Torvalds ketika Ia menjadi mahasiswa di Universitas Helsinki.

Mungkin sobat sudah pernah pengertian Linux tersebut secara umum, tapi kita perlu mengkritisi bahwa Linux merupakan sebuah system operasi layaknya Windows, Mac OS, MS-DOS, dan lain nya. Sehingga Linux merupakan perangkat lunak sistem operasi dan bukan aplikasi pengolah kata.

Jadi, Linux adalah sebuah antarmuka (User Interface) antara komputer dan program program yang bekerja pada Linux dengan pengguna (Brainware).

Sejarah Singkat Perkembangan Linux
Ketika Linus Torvalds belajar di Universitas Helsinki, Ia menggunakan versi awal OS Unix yang disebut dengan “Minix”. Linus mengajukan modifikasi minix untuk perbaikan yang lebih baik. Sang Pencipta minix, Andrew Tanenbaum merasa tidak perlu ada yang mesti perbaiki.

Saat itulah Linus Torvalds memutuskan untuk membuat OS sendiri dengan membuka kode programnya supaya seluruh pengguna dapat memberikan saran untuk memperbaiki Linux menjadi lebih baik.

Gagasan Linus Torvalds dengan meminta saran dari pengguna merupakan konsep baru dalam sejarah perkembangan sistem operasi. Konsep “kebebasan” ini sudah dianjurkan oleh Richard Stallman, yang bekerja di Massachusetts Intitute of Technology (MIT) pada tahun 1970-an. Konsep Richard ini bertentangan dengan MIT dan akhirnya Ia keluar.

Setelah keluar, Richard mendirikan GNU yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak yang bebas digunakan, didistribusikan maupun dimodifikasi. Tujuan ini sebenarnya ditelah diterapkan Linus Torvalds 6 tahun setelahnya.

Penjelasan Singkat Kernel Linux
Kernel memegang fungsi utama supaya sistem operasi dapat berjalan. Kernel adalah sesuatu yang bertugas untuk memberitahu Chip (Processor) yang mengontrol komputer untuk melakukan program yang diinginkan. Tanpa adanya Kernel, sistem operasi tidak ada dan tanpa program kernel tidak berguna. Kernel inilah yang mendasari berkembangnya Linux.

Tahun 1991
Pada tahun ini terjadi kerjasama antara Linus Torvalds dengan Richard Stallman. Linus Torvalds memiliki kernel (yang saat itu disebut Linux) tapi tidak memiliki program. Sedangkan, Richard memiliki program tetapi tidak memiliki kernel. Untuk itulah, mereka berdua bekerjasama untuk membuat kernel Linux dapat bekerja melalui program yang dibuat oleh Richard bersama GNU.

Tahun Linux Diperkenalkan
Pada akhir tahun 1991, Linus Torvalds berhasil menggabungkan kernel miliknya dengan program yang dibuat Richard. Pada tahun ini, Linux mulai di publikasikan dan pada era 90-an hanya orang dengan pengetahuan bahasa pemrograman saja yang dapat menjalankan Linux.

Pada awalnya, Linux tidak memiliki panduan singkat mengenai cara penggunaanya. Kemudian, perusahaan Red Hat membuat Linux bisa di install pada sistem operasi lain dan siapa saja dapat megikuti set instruksi sederhana.

Hingga kini Linux di akui sebagai sistem operasi dengan kestabilan yang luar biasa dan itu terbukti ketika Linux digunakan untuk jaringan server yang digunakan dalam kurun waktu satu tahun tanpa reboot.

Sekian artikel tentang Sejarah Perkembangan OS Linux. Jika bermanfaat bagi sobat bagikan di sosial media sobat ataupun kepada teman yang membutuhkan ya sob. Terima kasih

0 Response to "Sejarah Perkembangan OS Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel