Sejarah Operating System beserta Para penemunya

Sejarah Operating System beserta Para Penemunya | BloggerDeso251 - Perkembangan Sistem Operasi mulai awal ditemukan hingga saat ini telah mengalami banyak pembaruan dan perbaikan. Saat ini perkembangan OS sudah sangat memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan.

Seperti yang kita tahu, OS berbasis komputer yang ada saat ini adalah OS Open Source dan Close Source. System Operasi open source sendiri adalah OS yang bebas digunakan, diedit dan dikembangkan secara gratis. Contoh OS Open source adalah Linux, Unix, Opensuse dan sejenisnya.

Sedangkan sistem operasi close source memiliki kode program yang dirahasiakan oleh publik. Artinya, sistem operasi close source tidak dapat diedit oleh pengembang diluar perusahaan yang mengelola OS itu, contohnya adalah windows dan macOS. Nah, berikut adalah sejarah perkembangan OS beserta para penemunya.
Sejarah Operating System beserta Para penemunya
  1. Windows
    Mungkin bagi sobat sudah familiar ketika mendengar microsoft windows. OS yang satu ini menjadi sistem operasi terpopuler di dunia. Banyak pengguna komputer yang menginstall OS ini dan jarang yang berganti ke OS lain meskipun gratis.

    OS Windows sangat cocok digunakan bagi orang yang masih pertama kali belajar menggunakan komputer. Karena memang cara menggunakan windows sangatlah mudah, bisa dibilang bahwa OS Windows sangat user friendly.

    Penemu atau pencipta dari Microsoft Windows adalah William Henry Bill Gates atau biasa dipanggil Bill Gates. Bbeliau lahir pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle Washington. Bersama dengan temannya yang bernama Allen, Ia mendirikan perusahaan bernama Microsoft Corporation.
  2. Mac OS (Apple)
    Mac OS merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Steve Jobs. Steve Jobs sekaligus pemilik Apple dapat menguasai pangsa pasar khususnya dibidang komputer. Apple bersama dengan produknya Mac OS mampu menjadi trendsetter laju perkembangan teknologi di dunia. Steve Jobs tidak sendirian dalam mendirikan Apple, Ia dibantu oleh temannya yaitu Steve Wonzniak.

    Selain Apple, Steve Jobs juga mendirikan perusahaan studio animasi yang diberi nama Pixar. Perusahaan pixar didirikan pada tahun 1986. Di perusahaan ini juga Steve Jobs berhasil menyumbangkan karya karya terbaiknya. Pada tahun 2011 Steve Jobs resmi mengundurkan diri dan Ia tutup usia pada bulan Oktober 2011.
  3. Richard Matthew Stallaman
    Tokoh yang satu ini merupakan tokoh yang cukup berpengaruh dalam dunia perkembangan teknologi di dunia. Beliau lahir 19 Maret 1953. Richard Mattew merupakan pencipta sistem operasi yang bersifat Open Source yang pada saat itu dinamakan Unix-Like dan sekarang dikenal dengan nama Linux.

    Linux diperkenalkan pada publik ketika tahun 1983 dan itu berkat dari Linus Torvalds. Sebelum Linus Torvalds sebenarnya Richard lah yang pertama menciptakan Linux tapi dengan nama yang berbeda.
  4. Linus Torvalds
    Setelah Unix-Like berkembang cukup luas di negara Amerika, Linus Torvalds menemukan beberapa hal yang dapat dikembangkan dari Unix-Like. Berkat ketekunannya dalam mengembangkan kembali Unix-Like akhirnya dapat menjadi OS Open Source yang cukup banyak digunakan didunia. Sistem Operasi Linux menjadi OS populer dan OS ini sebenarnya adalah revolusi dari OS yang diciptakan oleh Mattew.
  5. Mark Shuttlework
    Mark adalah pencipta dari OS Ubuntu. Ia merupakan pencipta sekaligus pengembangnya. Ubuntu merupakan hasil karya yang dapat mengubah pandangan dunia mengenai open source. Banyak aplikasi windows yang mampu berjalan lancara pada sistem operasi ini.
  6. Onno W.Purbo
    Selanjutnya ada tokoh dalam negeri yang merupakan pengembang OS Linux. Ia telah mampu mengembangkan Linux menjadi beberapa versi OS yang berbeda yakni SchoolOnffLine, SMEOnffLine, ORARINux, SekolahNux dan IPTEKNux.
Demikian artikel tentang Sejarah Operating System beserta Para Penemunya. Jika bermanfaat silahkan bagikan ke teman/kerabat ataupun di sosial media kalian. Terimakasih

0 Response to "Sejarah Operating System beserta Para penemunya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel