Pengertian dan Penjelasan Intranet

Pengertian dan Penjelasan Intranet | BloggerDeso251 - Kita telah belajar mengenai apa itu jaringan komputer, macam – macam jaringan dan sejarah perkembangannya. Nah, pada kali ini saya akan membahas mengenai pengertian intranet. Pembahasan intranet ini masih dalam ruang lingkup jaringan, jadi nanti akan ada sedikit materi yang hampir sama dengan artikel sebelumnya.
Pengertian dan Penjelasan Intranet Terbaru
Pengertian Intranet
Secara pengertiannya, Intranet adalah sebuah jarkom (jaringan komputer) yang berbasis protokol TCP/IP seperti internet pada umumnya. Namun, intranet ini hanya digunakan dalam internal perusahaan, kantor, atau warnet saja. Tapi, pengertian yang lebih luas megenai intranet adalah sebuah jaringan private yang menggunakan standar protokol internet (TCP/IP) untuk membagi informasi rahasia kepada karyawan didalam perusahaan itu.

Sebuah jaringan intranet dapat berkomunikasi dengan intranet lainnya melalui sambungan internet yang merupakan kunci utama komunikasi jarak jauh. Akan tetapi fungsi dasar intranet sudah bisa menyamai internet karena menggunakan protokol TCP/IP, alamat IP dan aturan jaringan lainnya serta ada komputer klien dan server. Hanya saja intranet cakupan informasinya terbatas dalam satu internal perusahaan.

Kamu dapat mengatakan bahwa intranet merupakan bagian privasi internet. Disamping itu, kita dapat menganggap bahwa intranet adalah internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi atau perusahaan.  Protokol HTTP dan FTP merupakan protokol yang paling umum digunakan dalam jaringan intranet.

Sekilas Sejarah Intranet
Intranet dikenalkan mulai pada tahun 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu terhadap web perusahaan. Kemudian, jaringan intranet berkembang menjadi standar jaringan dalam perusahaan guna menunjang kemudahan berbagi sumber daya.

Beberapa sekolah juga sudah menggunakan teknologi jaringan intranet dimana seluruh komputer terhubung kedalam satu jaringan lokal. Jaringan intranet yang digunakan didalam sekolah mengedepankan biaya yang murah, fleksibilitas, open standard yang sesuai dengan kebutuhan jaringan.

Selain itu, banyaknya pengembang yang bergabung untuk meningkatkan keefisienan intranet menjadi daya tarik perusahaan untuk menggunakan jenis jaringan ini.

Intranet hadir mengubah system dan budaya didalam perusahaan. Misalnya seorang karyawan ingin mengungkapkan ide gagasan kepada manajer tapi tidak berani secara langsung, maka karyawan ini dapat menyatakan ide tersebut melalui platform intranet. Bahkan karyawan lain yang tergabung dalam intranet dapat menambahkan gagasan orang lain.

Hal ini tentu menjadi langkah yang baik dalam mengubah budaya perusahaan menjadi lebih modern, canggih dan kemudahan dalam bekerja. Intranet juga sangat membantu alat dan aplikasi yang membutuhkan koneksi jaringan, misalnya telekonfensi, alat manajemen hubungan kepada customer, manajemen job deskripsi dan lain sebagainya.

Kelebihan Intranet bagi perusahaan
  1.  Intranet dapat menjadi alat bantu dalam meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produksi perusahaan.
  2. Intranet lebih meningkatkan layanan perusahaan kepada pelanggan
  3. Intranet dapat menurunkan biaya kebutuhan informasi, workflow dan enterprise connectivity.
  4. Intranet mendapat dukungan WWW (World Wide Web), sehingga jaringan intranet dapat diakses secara luas oleh masyarakat melalui internet. Cara supaya intranet dapat diakses secara luas adalah dengan membuat website. Website perusahaan ini akan dapat diakses melalui internet jika standar protokol jaringan intranet sudah memenuhi protokol jaringan internet. 
  5. Intranet bersifat fleksibel dan mudah dimodifikasi
Manfaat Intranet untuk Sekolah
  1. Membantu dalam proses belajar mengajar
  2. Membantu mengembangkan kurikulum yang akan dipersiapkan siswa untuk masa depan.
  3. Kemudahan dalam membagi informasi mengenai pelajaran di sekolah
  4. Intranet membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang waktu.
Demikian artikel tentang Pengertian dan Penjelasan Intranet. Jika bermanfaat bagikan ke teman teman kamu ataupun sosial media kamu ya!!! Terimakasih.

0 Response to "Pengertian dan Penjelasan Intranet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel