Mengenal IT Software Application

Penjelasan Software Aplikasi dan Kegunaannya | BloggerDeso251 - pengertian perangkat lunak aplikasi sebenarnya adalah semua software berbasis komputer yang menyebabkan komputer tersebut melakukan tugas tugas yang berguna bagi user. Tanpa adanya software aplikasi sebuah komputer (seperangkat hardware) tidak akan memiliki manfaat bagi manusia.
Penjelasan Software Aplikasi dan Kegunaannya
Mengenal Software Aplikasi
Jika kita membicarakan software aplikasi mungkin sobat akan berpikir bahwa software aplikasi bergantung pada hardware dan perangkat lunak sistem (OS). Memang jika kita melihat kegunaan suatu komputer maka kita harus melihat hal hal yang mendukungnya.

Supaya komputer dapat bermanfaat bagi manusia, maka harus terdapat perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi itu sendiri. Tanpa adanya software sistem sebuah aplikasi tidak akan bisa berjalan dan mungkin tidak akan ada. Begitupun perangkat lunak sistem membutuhkan hardware yang lengkap mulai dari processor, RAM, Mainboard, kartu grafis (VGA) dan hardware lain supaya perangkat lunak sistem dapat bekerja optimal.

Berikut adalah contoh dari perangkat lunak aplikasi yang biasanya kita gunakan sehari – hari untuk bekerja, hiburan, sekolah dan lain sebagainya.
  1. Perangkat lunak aplikasi kantor
    Perangkat lunak kantor / office merupakan software aplikasi yang digunakan untuk melakukan pekerjaan pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan kantor. Contoh aplikasi ini adalah microsft office. Nah, microsoft office sendiri adalah salah satu contoh software aplikasi yang berguna untuk melakukan pekerjaan kantor.

    Didalam microsoft office terdapat berbagai macam perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data, berikut adalah sebagian software aplikasi yang terdapat di dalam microsoft office.

    Untuk isi software aplikasi di dalam microsoft office, kamu bisa melihat nya sendiri atau bahkan sobat sudah terbiasa menggunakan aplikasi yang berbeda diatas ? Bagaimana pengalamanmu, coba komentar dibawah.
    • Microsoft Word, software aplikasi ini digunakan untuk mengolah data berupa kata.
    • Microsoft Excel, software aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka.
    • Microsoft Presentasi, software aplikasi ini digunakan untuk membuat slide presentasi misalnya untuk presentasi di depan klien atau presentasi untuk menjelaskan materi saat berada dikelas.
  2. Perangkat lunak aplikasi untuk gaming
    Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa sesungguhnya game didalam komputer merupakan software aplikasi. Kebanyakan dari sobat mungkin menganggap game itu berbeda dari software. Sebenarnya game merupakan bagian dari jutaan jenis perangkat lunak aplikasi.

    Softaware aplikasi gaming akan sangat beragam jenisnya. Tanpa perlu saya berikan contohnya sobat pasti sudah tahu kan ? Yaps, software aplikasi gaming misalnya adalah Game PES, Assasin Creed, Call of Duty, Counter Straight dan game lainnya. Mungkin bagi penggemar game online via PC bisa mencoba DOTA 2.
  3. Perangkat lunak aplikasi pemutar media Komputer terasa tidak lengkap apabila tidak terpasang aplikasi untuk memutar musik dan video. Oleh karena itu, komputer akan dapat mengeluarkan suara atau gambar video jika ada sebuah aplikasi yang memutarkan musik atau video.

    Disamping itu kita juga harus melihat bagaimana sebuah speaker di komputer dapat mengeluarkan bunyi ? Jawabannya tentu ada perangkat lunak system yang memerintahnya. Perangkat lunak sistem disini adalah berupa Operating System, driver dan perangkat lunak pendukung lainnya. 
 Kegunaan Umum Perangkat lunak aplikasi
  1. Sebagai jembatan pertama bagi pengguna (user) untuk memasukkan perintah, mengelola perintah dan melihat hasil perintah
  2. Membantu pekerjaan manusia  
  3. Memudahkan pekerjaan manusia karena user tidak perlu memasukkan kode program desktop, misalnya program untuk mengcopy file kamu hanya perlu menekan ctrl+c kemudian paste dengan tekan ctrl+v. Sebenarnya ada beberapa baris kode didalam perangkat lunak sistem, tapi kamu tidak perlu menuliskannya sebab sudah dibantu oleh software aplikasi.
Demikian artikel tentang Mengenal IT Software Application. Jika bermanfaat silahkan bagikan ke temna/kerabat dan sosial media kalian ya... Terima kasih dan sampai jumpa lagi.

0 Response to "Mengenal IT Software Application"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel