Jenis jenis perangkat akses internet beserta fungsinya

Jenis Jenis Perangkat Untuk Mengakses Internet dan fungsinya | BloggerDeso251 - Sebuah komputer dapat mengakses internet pastinya memburuhkan perangkat baik itu hardware atau software. Kedua jenis perangkat ini bergantung satu sama lain supaya dapat terhubung dengan internet. Berikut adalah penjelasan mengenai perangkat yang digunakan untuk mengakses internet.
Jenis jenis perangkat akses internet beserta fungsinya
Perangkat Keras Komputer
Tanpa adanya hardware, maka software tidak akan pernah ada. Perangkat keras merupakan perangkat yang secara fisik dapat dipegang dan dipindah letakkan. Apa saja perangkat keras yang harus kita miliki supaya dapat terhubung dengan internet ?
  1. Modem
    Modem atau kepanjangannya adalah modulator demudolator adalah perangkat keras yang dapat mengubah signal analog menjadi signal digital atau sebaliknya. Modem mampu menangkap signal analog dari tower yang disediakan oleh provider. Berikut ini adalah fungsi fungsi yang ada pada modem.

    Fungsi modem adalah menerima sinyal Internet Service Provider (ISP) dan kemudian mengubahkan menjadi sinyal digital yang bisa dimengerti oleh perangkat tertentu misalnya komputer. Untuk saat ini jenis modem yang digunakan adalah modem stik dan modem dalam bentuk MiFi.

  2. Access Point
    Access point sebenarnya hampir sama seperti modem, namun Access point mengirimkan data dalam bentuk sinyal nirkabel dari ISP. Fungsinya adalah mengirimkan dan menerima paket data dari ISP dan biasanya kita kenal dengan nama hotspot.

    Access point dapat memancarkan sinyal dalam radius beberapa meter, sehingga pengguna atau user yang ingin melakukan koneksi internet melalui Access point haruslah berada tak jauh dari lokasi Access point.

  3. Seperangkat Komputer
    Bisa dibilang perangkat yang satu ini adalah perangkat paling utama yang harus dimiliki. Seperangkat komputer ini terdiri dari berbagai macam device, misalnya perangkat input, process dan output. Tapi, kamu bisa juga menggunakan laptop untuk dapat mengakses internet dengan bantuan modem.

  4. Kabel Jaringan
    Meski saat ini kita dapat terkoneksi internet dengan menggunakan sinyal dari ISP, tak menutup kemungkinan penggunaan kabel jaringan juga dibutuhkan. Kabel jaringan yang ini biasanya berjenis Fiber optic dan banyak digunakan untuk koneksi internet homebroadband seperti indihome.

    Kabel jaringan juga memiliki fungsi untuk membagi jaringan dalam kantor dan berbagi sumber daya. Bahkan untuk menghubungkan center internet indonesia dengan singapura digunakan kabel fiber optic yang ditanam didasar laut.

    Kabel jaringan dapat mentransmisikan paket data ISP dari server yang kemudian diteruskan ke perangkat receiver. Biasanya kabel jaringan ini digunakan untuk mengkoneksikan server dengan perangkat pemancar seperti Access point.

  5. Server
    Server adalah perangkat keras komputer yang memberikan informasi dan layanan kepada pengguna internet. Server juga bertugas mengatur alur lalu lintas data. Meski kita sudah terkoneksi dengan server melalui internet, jika didalam server tidak ada konten apapun maka sama saja kita tidak akan menemukan informasi apapun.

    Server juga menjadi penentu kecepatan akses internet kita sebagai user. Jika server yang digunakan memiliki spesifikasi yang kurang, maka kecepetan akses kita juga jelek. Salah satu server tercepat yang pernah admin coba adalah server Google. Saya pernah membandingkan kecepatan download melalui gdrive dan dari uptodown. Hasilnya adalah kecepatan download dari Google lebih tinggi.
Perangkat Lunak
Software yang diperlukan untuk akses internet adalah sebagai berikut :
  1. Sistem Operasi, yaitu software yang mengatur seluruh aktifitas program yang berjalan
  2. Web Browser adalah software yang digunakan untuk mengakses internet dan merupakan interface pertama.
  3. Driver adalah software yang menghubungkan antara software dengan hardware. 
Demikian artikel tentang Jenis-Jenis perangkat akses internet beserta fungsinya. Jika bermanfaat bagikan ke sosial media ataupun teman dan kerabat kamu ya sobat terima kasih...

0 Response to "Jenis jenis perangkat akses internet beserta fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel